Processor Intel (MOBILE PLATFORM)





MOBILE PLATFORM


Tempo hari aku chat di YM ama temen yang lagi cari laptop nih ceritanya, kebetulan ada temannya dia yang mau jual laptop. Nah kawan aku tuh nanyain klo processor dengan embel-embel M tuh seperti apa??? makanya aku bahas dikit disini aja lah, aku enggak hapal semuanya sih... cuma sharing yang aku tau ajah.
Hayo kemarin yang mau beli laptop siapa?? Ngaku kau... hehe...


Pentium dengan embel2 "M" adalah prosesor Intel untuk platform Mobile (seperti notebook), M refer to mobile.

Ada banyak pentium yang masuk kategori mobile, diantaranya :
1. pentium III-M (P3-M)
2. pentium 4-M
3. pentium M
4. Celeron M
5. dll.
Lengkapnya googling ajah...

Pentium III-M dan pentium 4-M itu prosesor yang memiliki kesamaan arsitektur dengan pentium 3 dan pentium 4 tanpa embel-embel M alias prosesor pentium dekstop biasa. Kelebihan prosesor dengan jenis "M" dibandingkan dengan prosesor desktop antara lain low voltage dan speed stepnya.

Sedangkan Pentium-M adalah prosesor yang dirancang khusus untuk mobile bukan kembaran dari prosesor desktop. Prosesor ini sebenarnya bukanlah barang baru, pentium-M adalah pengembangan dari arsitektur P6 yang digunakan oleh Pentium III.

Pentium M jarang dikenal oleh orang karena Intel lebih mempromosikan trademark "Centrino", yang dimaksud dari Centrino sendiri adalah Sebuah system yang menggunakan (biasanya notebook) :
- Intel Pentium M processor
- Intel Chipset 8xx/9xx
- Intel PRO/Wireless
- dan beberapa syarat lain yang harus dipenuhi (seperti daya tahan baterai dll) *ini memang tidak dicantumkan secara umum, tapi syarat ini harus dimiliki oleh system untuk bisa dibilang Centrino qualified.

Pentium M saat ini ada tiga:
1. Banias, Pentium M dengan cache 1MB dan FSB 100MHz.
2. Dothan, Pentium M dengan cache 2MB dan FSB 100MHz.
3. Sonoma, Pentium M dengan cache 2MB dan FSB 133MHz. (yang ini sori klo salah, soalnya lupa lupa inget )

Yang perlu diklarifikasi lagi:
Pentium 4-M berjalan di FSB 100MHz bukan 150MHz dan memiliki cache 512KB.

Meskipun Pentium 4-M memiliki clock speed yang lebih tinggi (>2 GHz) kinerjanya kurang lebih setara dengan Pentium M yang kecepatannya (1,3 GHz). Hal ini karena kedua prosesor tersebut menggunakan arsitektur yang berbeda, P4-M dengan netburst dan P-M dengan P6.

Nih processor emang udah agak ketinggalan sih sekarang... hehe. tapi kinerjanya sih masih OKE lah, soalnya aku juga masih pake nih processor (MOBILE PLATFORM) hehe...

No comments:

Post a Comment