Mungkinkah Telkomsel iPhone di Indonesia?



Senin, 23 Juni 2008 - 09:49 wib
Sarie - Okezone

JAKARTA - Rumor mengenai Telkomsel yang mendapatkan mandat memasok iPhone bisa jadi benar adanya. Pasalnya, Telkomsel merupakan operator yang disinyalir memiliki kriteria yang cukup kuat untuk bisa membujuk Apple menyerahkan sebagian iPhone 3G-nya untuk dibundle dengan operator dominan di negeri ini.

Saat ini Telkomsel dan SingTel sama-sama termasuk operator terbesar di negaranya masing-masing, Indonesia dan Singapura. Bahkan beberapa operator lainnya pun memiliki posisi yang sama, setidaknya berada di posisi pertama dan kedua terbesar di negara masing-masing.

Belum lagi, hubungan yang cukup erat antara SingTel dengan Telkomsel melalui suntikan saham. Seperti diketahui, SingTel saat ini memiliki kontribusi saham sebesar 35 persen di tubuh Telkomsel sedangkan sisanya sebesar 65 persen masih dikuasai Telkom.

Bahkan beberapa operator yang mendapatkan jatah pasokan iPhone ditengarai juga memiliki hubungan sangat dekat dengan Sing Tel. Sebut saja Bharti Airtel, Globe Telecom dan Optus. Masing-masing operator tersebut ditugaskan untuk menggelontorkan gadget multimedia milik Apple itu ke negara masing-masing.

Bharti akan memasok iPhone ke India, Globe Telecom mendapat jatah pasar di Filipina sedangkan Optus mendapat kewajiban untuk memasarkan iPhone ke Australia.

Dikutip melalui situs resmi SingTel, Senin (23/6/2008), pada tahun 2001, perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia itu telah berhasil mengakuisisi Optus, yang kala itu menduduki posisi operator nomor dua terbesar di Australia. Bahkan beberapa perusahaan besar lainnya di Asia juga disusupi oleh SingTel. Di Bharti, SingTel punya sekira 30,5 persen saham dengan jumlah pelanggan di India saat ini mencapai 64 juta. Sedangkan di Globe, SingTel menyusup dengan 44,5 persen saham dan telah meraih 21,3 juta pelanggan di Filipina. Di Singapura dan Australia sendiri, SingTel dan Optus masing-masing memiliki 2,3 juta dan 7 juta pelanggan.

Dengan hubungan yang erat tersebut, dan tentunya jumlah pelanggan paling besar yang dimiliki Telkomsel hingga mencapai lebih dari 50 juta pelanggan, bukan tidak mungkin jika Telkomsel pun akan kebagian jatah untuk memberikan pengalaman multimedia yang mengesankan dengan menggunakan gadget multimedia iPhone dari pemilik merek gadget terpercaya, Apple.

Apalagi pada hasil RUPS Telkomsel yang berlangsung pertengahan Juni lalu, Telkomsel mengubah haluan AD/ART perusahaan untuk memperluas bisnis mereka ke arah multimedia. Hal ini dilakukan seiring dengan perubahan dan tantangan yang dialami Telkomsel dalam lingkungan bisnis.

Hanya saja, yang menjadi pertanyaan adalah kapan Telkomsel benar-benar akan mewujudkan hal tersebut.??

....

Kapan ... kapan deh... ^_^ hihihi...

4 comments:

  1. hmm, saya mah pernah baca "iPhone versi china".. hihihih.. .
    ituh ajah asik loh. .

    ReplyDelete
  2. Iphone versi China?? Emang ada yah? hihi ...

    Merknya Iphone apa bukan? ^_^

    ReplyDelete
  3. bukan dunk, lebih tepatnya replika iPhone. . . heheh,,

    lha, designnya mirip betul, pake touch juga, cuman. . software ama SOnya kali yg beda.. hihi h

    ReplyDelete
  4. Wadoh ... Replica yah.

    "Don't try this at home" dunk ... hihi ... ^_^

    Ada linknya gak ato link repiuw nya?

    ReplyDelete