No Follow Jadi Do Follow Comment

Tempohari sempat ngobrol singkat via comment box ama Sawasanganam, yah dia bilang mendingan commentnya dibuat "dofollow" ajah, sekarang sih udah aku buat begitu sebelumnya "nofollow" untuk alasan keamanan dari spam. tapi klo dipikir-pikir lebih banyak ruginya eh, sekalian buat kasih "reward" kecil deh buat yang udah comment di blog aku. hehe ... ^_^
sekalian aku mau sharing disini deh apa keuntungan dan kerugian keduanya, siapa tau ada yang blon tau.

Oh iya biasanya klo blog yang udah "dofollow" bakalan nyantumin banner klo blognya sudah "dofollow" alias udah matiin "NoFollow" nya. contohnya kayak dibawah ini, blog kamu juga nanti klo sudah "dofollow" boleh ambil gambar-gambar dibawah ini untuk dipajang.











Nb : Gambar bukan aku yang buat, dapetnya di google.

ampir semua blog secara defaultnya membuat eksternal pada comment menjadi ‘mati’ alias "nofollow", Rel=Nofollow itu berfungsi agar crawler tidak mengikuti link atau mengcrawl link orang yang berkomentar di blog ini. Sebagai respon balik atas komentar yang diberikan di blog ini maka diputuskan. Tujuan utamanya adalah mematikan spam. Tapi percuma, karena spammer juga terus berinovasi, dan imbasnya yang terkena adalah mereka yang benar-benar meluangkan waktunya untuk berkomentar. Dimana-mana juga perusak selangkah lebih mauju dari orang yang memperbaiki. hehe..., Beberapa bloggers yang sangat menghargai kontribusi pengunjungnya memberikan penghargaan dan kesan attraktif dengan membuang unsur ‘no-follow’. Apakah Anda termasuk orang yang menghargai pengunjung blog Anda, terutama mereka yang telah berkenan mengisi komentar? klo iya, yah matikan aja "nofollow" nye ... kayak blog aku sekarang. ^_^
kamu bisa coba cara dibawah ini, dan klo cara ini berhasil, would you place my link on your blogroll? nah.. haha... just kidding ^_^ . place my link on your blogroll if you think this trik is useful. if not, just forget it! OK ^_^ hehe...

Untuk yang pake wordpress bisa pake plugin, tapi klo WP kamu dirasa udah kebanyakan plugin yah mendingan bongkar "script" aja deh, soalnya kebanyakan plugin bakalan pengaruh ke loading WP sampeyan. jadi caranya gini :

1. Cari folder wp-includes di folder dimana WP anda di install
2. Cari file comment-template.php
3. Di line 47 ada code seperti ini :

4. Ganti dengan :

5. Bisa juga bikin gini :

6. Save and you’re done.

Kode target blank di point 4 ditambahkan biar pengunjung yang mengklik link komentator enggak ninggalkan halaman blog kamu.

Cara kayak ini cuma ngilangin nofollow pada comment_author_link, tapi klo membuat link di form komentar maka tetap akan nofollow. klo pengen menghilangkan semua atribut nofollow silakan gunakan ajah plugin dari semiologic.

Nah untuk yang pake blogspot caranya gini :

1. Login ke Blogger account dunk pastinya.
2. Abis itu masuk ke HTML Editor di blogger dashboard.
3. kasih tanda check Expand Widget Template
4. nah abis itu cari kode kayak gini :

Klo browser kamu pake firefox, kamu bisa dengan mudah tekan CTRL+F untuk memunculkan seach box. "copy" kan kode diatas dan "paste" kodenya di searchbox tadi. Klo kamu blon pake firefox bisa download disini.
5. Hapus ajah rel=’nofollow’ dari kode diatas tadi. Jadinya bakalan kayak gini :

6. Save template kamu
7. refresh blog and DOne!

Klo mau ngehapus nofollow tag di backlinks kamu sekalian caranya gini :
1. Ikutin semua langkah diatas ampe point 3
2. Cari kode dibawah ini:

3. Hapus rel=’nofollow’. Nah jadinya bakalan kayak gini:

4. save template kamu
5. refresh blog kamu, Selesai

Mudah bukan?? ... makanya coba deh, kamu bakalan dapet manfaatnya (bagi komentator)yaitu bakalan menambah backlink untuk blog si komentator tersebut sehingga bisa menaikkan posisi di search engine dan tentunya kenaikan pagerank, sedangkan bagi pemilik blog dofollow akan memacu pembaca untuk ikutan berkomentar, istilahnya pemilik blog mengapresiasi komentator dengan melepas atribut nofollow.

Selamat Mencoba.

5 comments:

  1. Anonymous12:53 PM

    kok gk bisa yah?... ada yg kurang copy kale sripctnya yah? diulang lagi ach...

    ReplyDelete
  2. Moso sih mas? di wordpress apa blogspot?

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:38 AM

    Make dofollow bisa pengaruh ke PR ga? positif apa negatif?

    ReplyDelete
  4. Positif dong untuk hubungan ke "PR" bro... hehe. ^_^

    ReplyDelete
  5. kl saya mah..yang mau comment monggo...yang ga mau juga gpp, tp minimal saya akan menghargai setiap comment yang masuk...walauh sepatah duapatah kalimat...dan saya setuju dengan pendapatnya cobexonly "Dimana-mana juga perusak selangkah lebih mauju dari orang yang memperbaiki"

    ReplyDelete